Cute Red Flying Butterfly

Jenis Strategi

1. Strategi Korporasi, menentukan bidang usaha atau serangkaian bidang usaha yang diminati dan bagaimana perusahaan merencanakan strategi secara mendasar untuk dapat memimpin pada bidang usaha tsb.

FORMULASI STRATEGI KORPORAT
1. Visi, Misi dan Nilai Perusahaan (Company Vision, Mission & Values)

Visi, Misi & Nilai (Company Vision, Mission & Values)
Visi : merupakan suatu cita-cita tentang keadaan di masa mendatang
yang diinginkan terwujud.

Contoh :
1. To become world class aviation (Boeing)
2. To become a dominance info-com player in the region (telkom)
3. To become world class steel producer (ptks)

Misi : penjabaran (deploy) secara tertulis mengenai suatu visi, sehingga mudah dipahami dan jelas.

Contoh :
Menjadi perusahaan penerbangan ruang angkasa nomor satu di dunia di kalangan industri utama dalam hal mutu, kemampuan maraih laba dan pertumbuhan usaha.
Nilai (values/falsafah/kredo) : hal-hal yang terkandung (nilai) dan tercermin
dalam tingkah laku seluruh anggota organisasi.

Contoh :
Mc Donald : Kualitas, pelayanan, kebersihan dan disiplin
Johnson&Johnson : Pelanggan, karyawan, masyarakat dan pemegang saham
Telkom : Commited 2 U
PTKS : Competence, Integrity, Reliable, Innovative

2. Profil Perusahaan (Company Profile)

Menggambarkan kualitas dan kuantitas sumber daya :
_ Keuangan
_ Manusia
_ Fisik perusahaan
_ Kekuatan & kelemahan manajemen
_ Struktur organisasi
_ Trend performansi pertumbuhan
_ Perspektif sasaran kerja organisasi

3. Lingkungan Eksternal (External Environment)

Lingkungan eksternal dari suatu perusahaan meliputi semua keadaan maupun kekuatan yang mempengaruhi pilihan (option) strategi dan situasi persaingannya termasuk lingkungan operasional, lingkungan industri dan dampak yang ditimbulkannya.

4. Analisis dan Pilihan Strategik (Strategic Analysis & Choice)

Melakukan identifikasi terhadap berbagai peluang interaktif yang mungkin dapat terjadi dan disesuaikan dengan misi perusahaan. Proses ini dimaksudkan untuk menyajikan kombinasi sasaran jangka panjang maupun strategi induk didukung dengan kajian strategis (kualitatif maupun Kuantitatif) yang secara optimal akan memposisikan perusahaan dapat mencapai misinya.

5. Sasaran Jangka Pendek / Panjang (Short & Long Term Objectives)

1. Kemampulabaan (Profitability)
2. Laba atas investasi (Return On Investment)
3. Posisi bersaing (Competitiveness)
4. Keunggulan teknologi (Tech. Advantage)
5. Produktivitas (Productivity Rates)
6. Hubungan karyawan (Human Relationship)
7. Tanggung jawab sosial (Social Responsibility)
8. Pengembangan karyawan (Human Resources Dev.)
Perbedaan sasaran jangka pendek dan jangka panjang terletak pada rincian yang lebih spseifik.

6. Strategi Induk (Grand Strategi)

Rencana umum yang disusun secara menyeluruh tentang tindakan-tindakan utama yang akan dilakukan perusahaan untuk mencapai sasaran jangka panjangnya dalam suatu lingkungan yang dinamik, meliputi :
1. Konsentrasi
2. Pengembangan pasar
3. Pengembangan produk
4. Inovasi
5. Integrasi horisontal/vertikal
6. Usaha patungan
7. Aliansi Strategik
8. Konsorsium
9. Diversifikasi
10. Pembenahan diri
11. Divestasi dan Likuidasi

7. Strategi Fungsional (Fuctional Strategies)

Dalam kerangka besar strategi, setiap fungsi bisnis membutuhkan rencana dan tindakan yang spesifik dan terpadu, bahkan dikembangkan menjadi suatu strategi operasional yang disusun secara rinci mengenai cara-cara mencapai suatu sasaran secara optimal.

8. Kebijakan (Policies)

Kebijakan adalah keputusan bersifat umum yang telah ditetapkan sebelumnya, bersifat repetitif (berulang), dapat dijadikan dasar pemikiran, pengambilan keputusan dan
tindakan dalam implementasi strategi organisasi. Seringkali diarahkan dalam efektifitas manajerial melalui pendekatan sistem atau standar prosedur sebagai pedoman operasional.
Contoh :
_ Para manager harus mendapatkan persetujuan dari GM atau Direktur dalam hal pembelian material yang harganya lebih dari Rp. Xx,-
_ Seluruh karyawan agar dinilai dan diapresiasi sesuai prestasinya pada setiap akhir periode (bulan/tahun).

9. Melembagakan Strategi (Empowering)
Sasaran tahunan, strategi fungsional dan kebijakan spesifik merupakan sarana penting untuk mengkomunikasikan apa yang harus dilakukan untuk menerapkan strategi perusahaan secara keseluruhan.
Ada 4 elemen organisasi untuk melembagakan strategi
perusahaan :
1. Struktur
2. Kepemimpinan
3. Budaya
4. Imbalan.
10. Pengendalian dan Evaluasi
Suatu implementasi strategi harus dipantau untuk
mengetahui sejauh mana sasaran perusahaan dapat
tercapai dan disiapkan suatu metoda pemantuan serta
pengendaliannya untuk memastikan bahwa rencana strategi
tersebut dilaksanakan secara konsisten.
2. Strategi Bisnis, merupakan istilah yang umum untuk menunjukkan bagaimana sebuah unit usaha merencanakan untuk bersaing dengan perusahaan lain yang bergerak pada bidang usaha yang sama.
3. Strategi Fungsional, berisi rencana untuk mencapai tingkat penggunaan sumber daya secara efisien, efektif dan optimal pada setiap fungsi gunamendukung strategi korporasi dan bisnis.

0 Response to "Jenis Strategi"

Posting Komentar