Cute Red Flying Butterfly

ORGANIZING

ORGANIZiNG
Adalah sekelompok manusia yang bekerja sama dalam bentuk struktur organisasi tentang hubungan kerja dalam rangka pencapaian tujuan
Cirri 2 khusus dalam Organizing
1. Adanya kerja sama yang harmonis
2. Adanya pemimpin dan yang dipimpin
3. Adanya hak dan kewajiban dan tanggung jawab
Bentuk organisasi menurut sifatnya
1. Organisasi formal
Merupakan system kerjasama yg dilakukan oleh dua orang atau lebih yang di koordinir oelh seseorang pimpinan dalam pencapaian tujuan
Cirri cirri
• Adanya susunan organisasinya susunan masalah kedudukan tugas
• Fungsi dalam organisasi Nampak jelas dan tegas
2. Organisasi informal
Organisasi ini timbul akibat adanya hubungan antar individu tantpa adaya tujuan bersama secara tidak sadar meskipun nantinya pada akhir mempunyai tujuan yang sama.
Cirri –ciri
• Organisasi ini kelihatan atu tidak jeals kedudukannya
• Kedudukan dan fungsi nampaknya kabur
Azaz – azaz organisasi
1. Organisasi bisa membuat perumusan tujuan dimana perumusan disusun harus jelas yang akan menjad tujuan organisasi
2. Pembagian kerja yaitu dengan melakuka pengelompokan tugas yang sama menjadi satu unit kerja sendiri
3. Kegiatan komandi yaitu setiap pegawai mempunyai pimpinan tunggal dimana setiap bawahan harus dapat mempertanggungjawabkan kepada atasan
4. Rentang kendali, seberapa jauh seseorang pimpinan dapat mengatasi bawahan secara tepat atau beberapa banyak bawahan dapat di kendalikan secara efektif oleh seorang manajer
PENDELEGASIAN WEWENANG
Bentuk – Bentuk Wewang
1. WEWENANG LINI
Mempunyai tanggung jawab secara langsung diwujudkan dalam wewenang perintah secara langsung
2. WEWEMAMG STAF
Yang tidak menyumbangkan secara langsung untuk tercapainya tujuan tetapi membantu fungsi limi lain
3. WEWENANG FUNGSIONAL
Wewenang yang mempunyai hak / wewenang untuk memerintah pada bagian lain yang sifatnya khusus sesuai ddengan fungsionarinya
UNSUR UNSUR WEWENANG
1. RESPONSIBILITy
Pekerjaan yang harus dilakukan oleh seseorang pada suatu jabatan tertentu

2. AUTHORITY
Hak dan wewenang untuk memutuskan segala sesuatu yang berhubungan dengan fungsinya

3. AKUNTABILITY
Mmeberi pertanggungjawaban kepada orang yang telah mendelegasikan tugas dan kekuasaan.
STAFFING
Adalah fungsi manajemen yang berkaitan dengan penarikan, penempatan. Pemberian training , dan pengembangan anggota organisasi, dalam melaksanakan pekerjaan sampai pada member daya guna yang maksimum
Tujuan adanya staffing yaitu berhubungan dengan penemepatan orang2 yang akan mmangku jabatan organisasi yaitu menentukan spesifikasi jabatan yaitu jenis2 jabatan dan keeterampilan yang dibutuhkan singga dengan spesifikasi jabatan yang dibutuhkan job description,
BOTON UP OUTHORITHY
1. Konsep ini berdasarkan pada teory penerimaan
2. Pimpinan dipilih oleh bawahan
3. Seseorang dipilih menjadi pimpinan mempyyai wewenang untuk memimpin dan bertanggun jawab kpd bawahan
4. Adanya hubungan dari anggota bawahan criteria dalam memilih seoran g pimpinan
KRITERIA SEORANG PEMIMPIN
• Mampu untuk memimpin bawahan dalam mencapai tujuan organisasi
• Harus dapat mengatasi hubungan antara karyawan dan organisasi

SIFAT – SIFAT YANG BERGUNA BAGI SEORANG PIMPINAN
• Adanya keinginan untuk memperoleh tangun jawab
• Mempertanggung jawbkan apa yang telah di lakukan
• Kemauan untuk mewariskan kepada orang lain
• Harus mengetahui kelemahannya
• Memiliki kemampuan untuk menentukan skala prioritas
• Kemampuan beromunikasi dalam membaerikan informasi serta mau menerima bantuan orla.
Komponen motivasi kerja
a. Energy : hal yang bias mendorong bangkitnya perilaku seseorang untuk bekerja
b. Arah : dengan motivasi bias mengarahkan tindakan / usahanya terhadap situasi tertentu dalam lingkungan kerja
c. Pemeliharaan : motivasi mengandung pemeliharaan perilaku terhadap suatu kegiatan tertentu dalam lingkungan kerja
Factor2 yang mempengaruhi motivasi
a. Karakteristik individual dengan teori x dan y
Teori x : pada dasarnya orang malas, tidak mau diperintah namun ingin memperoleh gaji yang tinggi
Teori y : pada dasarnya orang tersebut menyukai pekerjaan berdasarkan tanggung jawab yang dibebankan .. semakin besar tanggung jawab semakin tertantang untuk melakukannya.. pada dasarnya tipe orang seperti ini tidak mengutamakan gaji besar namun tanggung jawab dan harga diri

b. Karakteristik pekerjaan
• Mengidentifikasi tugas
• Otonomi pekerjaan
• Umpan balik

c. Karakteristik Organisasi
• System balas jasa : upah gaji yang diterima
• Peraturan pekerjaan : jam berapa mereka dating dan pulang
• Iklim organisasi : keberadaan dr pimpinan perusahaan
• Budaya organisasi : menciptakan budaya organisasi
d. PROSES PEMBUATAN KEPUTUSAN
1. Mengidentifikasi dan mendiagnosa masalah
2. Mengumpulkan data dan dianalisa
3. Pengembangan alternative
4. Evaluasi alternative
5. Memilih alternatf yang paling dominan
6. Implementasi keputusan
PEDOMAN PEMBENTUKAN PRILAKU
• Jangan memberikan penghargaan yang sama pada semua orang
• Perhatikan bahwa kegagalan untuk memberikan tanggapan dapat mengubah perilaku
• Beritahukan kepada karyawan terntang apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan penghargaan
• Beritahukan kepada karyawan tentang apa yang tidak boleh dilakukan karyawan
• Jangan memberi hukuman didepan karyawan lain
• Bertindaklah adil


MODEL MODEL MOTIVASI
1. Model tradisional
2. Model hubungan manusiawi: seseorang dapat bekerja bila telah disentuh rasa kemanusiaannya
3. Model sumber daya alam: bahwa management selalu memperhatiikan potensi kerja para karyawannya
Teori MOTIVASI
1. Teori petunjuk
Suatu teori yang mengmukakan bagaimana memotivasi karyawan yang didasarkan pengalaman coba2
Factor : pengalaman dari para pemimpin untuk diberikan pada agar bawahan mau bekerja dengan pimpinannya
2. Teori isi disebut juga teori kebutuhan
Teori kebutuhan yang berasal dari Abraham maslow :
• Kebutuan akan fisiologi : keb sandang pangan
• Kebutuhan safety : rasa aman
• Kebutuhan social: teman , sahabat.
• Kebutuhan harga diri : rasa hormat,prestasi
• Kebutuhan aktualisasi diri : pemenuhan diri
3. Teory Proses
Suatu teori berkenaan bagaimana perilaku manusia dimulai atau dilaksanakan atau menjelaskan aspek2 bagaimana motivasi
Ada beberapa teori yang masuk dlam proses ini
• Teori penghargaan : suatu kemungkinan bahwa usaha mereka akan mengarah ke prestasi tinggi
• Teori pembentukan perilaku : pendekatan ini didasarkan terutama atas hokum pengaruh yang menyatakan bahwa perilaku yang di ikuti dengan konsekuensi pemuasa maka cenderung akan dilakukan berulang2 sedang prilakunya diikuti konsekuensi hukuman maka akan ada kecenderungan untuk tidak diulang
• Teori keadilan
• Teori porter lawer

0 Response to "ORGANIZING"

Posting Komentar