Cute Red Flying Butterfly

DASAR MANAGEMENT

Fungsi manajement
1. Planning ; perencanaan
2. Organizing : membentuk
3. Actuating;
4. Controlling
Menurut stonner pengertian manajemen adalah suatu proses perencanaan pengorganisasian pengarahan serta pengawasan dari usaha usaha para anggota organisasi serta penggunaan SDM maupun sumber daya
Menurut terry pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu yaitu dengann menggunakan bantuan orang lain
Menrut manulang suatu ilmu dan seni yang didahului yang membuat suatu perencanaan menyusun organisasi menyusun karyawan memberikan perintahdan melakukan pengawasan untuk mencapai tujuan yang ditentukan terlebih dahulu.
Ada 3 aspek terpenting dalam memahami manajemen
1. Manajemen sebagai proses
Merupakan suatu cara yang sistematis untuk melakukan suatu pekerjaan karena mencakup pelaksanaan berbagai kegiatan yaitu fungsi manajemen POAC
2. Manajemen sbagai ilmu dan seni
Secara ilmu yaitu berusaha secara sistematis bagaimana manajer dan karyawan bisa bekerja sama dlm mencpai tujuan
Secara seni dalam penerapannya dipengaruhi banyak factor yaitu menganjurkan bagaimana suatu pekerjaan tergantun pelaku seperti pengalaman intuisi dan feeling yang dilator belakangi oleh ilmu yang dimiliki
3. Manajemen kolektifitas orang2 yang melakukan pekerjaan
Merupakan suatu kelompok orang – orang yang melaksanakan pekerjaan atau tugas dalam menyelenggarakan fungsi – fungsi manajement POAC
1. PLANNING
Dirumuskan untuk menetapkan tujuan organisasi peraturan dan pedoman pelaksanaan tugas, membuat urutan pelaksanaan , iktisar biaya, yang diperlukan serta pemasukan biaya yang diharapkan
2. ORGANIZING
Dirumuskan untuk menetapka menyusun organissi, menentukan tugas masing2 personalia yang ada di organisasi kedudukan sifat hubungan antara masing2 unit atau pengelompokan orang2 yang mempunyai fungsi dan wewenang dan tanggung jawab
3. ACTUATING
Suatu usaha yang berhubungan pemberian bimbingan, pemberian saran, perintah, instruksi, dan atasan kepada bawahan
4. CONTROLLING
Pengawasan penialaian , atau pengendalian untuk mengoreksi kegiatan yang telah dilaksanakan apakah sesuai planning serta tujuan yang akan dicapai

MANAGER DAN KEGIATANNYA
6 M
MANAJEMEN
1. M : MANUSIA
2. M : MONEY
3. M : METODE
4. M : MATERIAL
5. M : MARKET
6. M : MECHINE

Guna adanya manajement dalam suatu organisasi
1. Dalam hal anggaran / biaya agar tidak terjadi pemborosan ( penyelewengan dana )
2. Di butuhkan kegiatan yang efisien dan efektifitas dengan manajemen dibutuhkan untuk mncapai tujuan baik tujuan organisasi maupun tujuan individu
3. Untuk mencapai suatu keseimbngan yaitu tujuan yang bertentangan ataupun sasaran yang bertentangan

Prinsip – Prinsip Manajemen
1. Adanya pembagian kerja dimana dalam pembagian kerja itu diarahkan pada spesialisasi disegala bidang
2. Kewenangan dan tanggung jawab dimana wewenang dan tanggung jwab harus mempunyai suatu keseimbangan yang harmonis serta mempunyai hubungan erat yang tidak bisa dipisahkan
3. Disiplin, tertib, dan teratur, taat, mematuhi / patuh, tunduk pada norma2 dan iklas dalam menerima tugas dan senang hati
4. Kesatuan pemandu dimana setiap karyawan hanya menerima perintah dan melaporkan hasil kerja serta bertanggung jawab kepada satu pimpinan
5. Kesatuan arah dimana setiap aktifitas yang mempunyai suatu tujuan yang sama tentunya akan memperoleh satu pimpinan dan satu rencana
6. Kepentingan umum diatas kepentingan pribadi
7. penghasilan pegawai yaitu terdiri dari kompensasi yang artinya balas jasa yang diberikan perusahan kepada karyawan telah memberikan seluruh tenaga dan kemajuan perusahaan
8. sentralisasi dimana perusahaan mempunyai pusat wewenang dan kekuasaan
9. hierarki yaitu tingkat kewenangan dan tanggung jawab dari struktur yang lebih tinggi ke struktur yang paling rndah
10. ketertiban, yaitu menempatkan karyawan dan alat2nya sesuai dengan bidang dan keahlian secara tepat. The right man in the right place
11. keadilan setiap pimpinan di dalam memperlakukan bawahan harus bersikap paternalistic atau pengayom
12. stabilitas merupakan suatu kepastian yang harus dimiliki apabila terjadi suatu perubahan dan mengandung resiko.
13. Prinsip kesetiakawanan , jiwa bersatu kerja sama dalam kelpmpok organisasi merupakan suatu prinsip bagi karyawan dalam suatu perusahaan.
LINGKUNGAN EKSTERNAL ORGANISASI
Meliputi
PESAING adlah Perusaahaan yang sejenis
PELANGGAN adalah Strategi . kebijakan, taktik pemasaran perusahaan tergantung pelnpeggan
DASAR TENAGA KERJA adalah bermacam2 keterampilan , kemampuang dan pengalamann yang diperlukan oleh perusahaan maka perusahaan perlu banyak menggunakan banyak saluran untuk menarik dan mempertahankan karyawang yang cakap
LEMBAGA KEUANGAN adalah Perbankan, Koperasi dll dimana organisasi tergantung dari bermacam2 lembaga keuangan utnuk menjaga stabilitas keuangan perusahaan
SUPLYYER adalah ketergantungnan dari perusahaan atau organisasi untuk memenuhi baha n baku energy alat bahan pembantu yang digunakan untuk perolehan
PERATURAN PEMERINTAH adalah pemerintah yang menetapkan peraturan untuk dipatuhi oleh organisasi dalam pembuatan prosedur perijinan dan pembatasan untuk melindungi masyarakat
TEKNOLOGI : perubahan teknologi biasanya bersfat inofativ dan menolak kekuasaan
EKONOMI : berpengaruh terhadap perusahaan karena adanya perubahan biaya yang setiapp waktu akan mengalami suatu perubahan dan perlu dianalisa
SOSIAL BUDAYA : merupakan suatu pedoman hidup bagi organisasi dan manajer dalam menjalankan operasional perusahaan
POLITIK DAN HUKUM : menentukan operasional perushaan bagi perusahaan atau manajer tdak boleh mengabaikan hokum dalam bentuk pembuatan keputusan

0 Response to "DASAR MANAGEMENT"

Posting Komentar