Cute Red Flying Butterfly

DESAIN PRODUK

DESAIN PRODUK
Strategi Produk Memberikan Keunggulan Bersaing
• Produk yg baik mrpkan kunci keberhasilan perusahaan
• Memaksimalkan potensi keberhasilan,fokus diri & konsentrasi pada beberapa produk
Contoh: Honda –mesin- mobil, motor, generator, pemot rumput) teknologi yang istimewa
• Tujuan Keputusan Produk: mengembangkan & menerapkan sebuah strategi yang dapat memenuhi permintaan pasar dengan keunggulan bersaing
• Strategi produk fokus diri pd pengembangan keunggulan bersaing melalui diferensiasi, biaya rendah, respon cepat,atau perpaduan ketiganya

SIKLUS HIDUP & STRATEGI
1. FASE PERKENALAN
Teknik produksi masih menyesuaikan dengan pasar
Masih mengeluarkan biaya (penelitian, pengembangan produk, modifikasi & perbaikan proses, pengembangan pemasok).
2. FASE PERTUMBUHAN
Desain produk mulai stabil,dan diperlukan peramalan kebutuhan kapasitas yg efektif. Peningkatan kapasitas yg ada utk menampung penigkatan permintaan.
3. FASE KEMATANGAN
Pesaing mulai bermunculan. Produksi jumlah besar & inovatif sangat diperlukan.
4. FASE PENURUNAN
Mendekati akhir/ produk hampir mati. Biasanya produk yg buruk bagi investasi, sumberdaya & kemampuan manajerialnya, Kecuali membuat kontribusi yg unik bagi reputasi perusahaan.
PELUANG PRODUK BARU
Suatu teknik untuk menghasilkan ide produk baru disebut brainstorming
Brainstorming : teknik dimana kelompok orang yg berbeda saling berbagi ide pada topik tertentu tanpa mengkritik
Tujuan brainstorming : membangkitkan diskusi terbuka untuk ide kreatif produk dan perbaikan
Manfaat brainstorming
• Memahami pelanggan : produk dibentuk oleh pengguna bukan oleh
produsen.
• Perubahan ekonomi : meningkatnya tingkat kemakmuran pada jangka
panjang, tetapi siklus ekonomi & harga berubah pada jangka pendek.
• Perubahan sosiologi & demografi: berkurangnya jumlah keluarga akan
mengubah preferensi pada ukuran rumah, apartemen, mobil.
• Perubahan teknologi : membuat kemungkinan-kemungkinan mulai telepon
seluler hingga jantung buatan.
• Perubahan politik/peraturan : adanya perjanjian perdagangan baru, tarif,
persyaratan kontrak dengan pemerintah.
• Perubahan lain : kebiasaan pasar, pemasok distributor.
Proses Pengambilan Keputusan
Enam langkah
• Mendefinisikan masalah & faktor-faktor yang mempengaruhinya dengan jelas
• Mengembangkan tujuan spesifik dan dapat diukur
• Mengembangkan model yitu hubungan antara tujuan variabel yang dapat diukur
• Mengevaluasi setiap alternatip solusi berdasarkan pada kelebihan & kekurangannya
• Memilih altrnatif yang terbaik
• Menerapkan keputusan dan menentukan jadwal penyelesaian
DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1. Istilah
a. Alternatif- tindakan yang dapat dipilih oleh seorang
pengambil keputusan
b. Kondisi alami- situasi dimana pengambil
keputusan hanya memiliki sedikit kendali atau tidak
sama sekali
2. Simbol pohon keputusan
a. – Titik keputusan alternatif
b. – titik kondisi alami
TIPE PENGAMBILAN KEPUTUSAN
1. PK dalam Ketidak pastian
2. PK yang mengandung resiko
3. PK dalam keadaan pasti
Metode PK dalam ketidak pastian
• Maximax- alternatif yang memaksimalkan hasil maksimal untuk setiap alternatif
• Maximin – alternatif yang memaksimalkan hasil minimal setiap alternatif
• Equally likely –sama rata- alternatif dengan hasil rata-rata tertinggi
PK dengan Resiko
• Bergantung pada kemungkinan dengan menghitung Expected Monetary Value- EMV- nilai harapan moneter – dari variabel yang memiliki beberapa kemungkinan kondisi alami yang berbeda dengan masing-masing peluang
• EMV= (hasil kondisi alami) x (kemungkinan kondisi alami)
PK dalam Keadaan Pasti
• Merupakan konsep nilai yang diharapkan dari informasi yang tepat- Expected value of perfect information- EVPI
• EVPI = nilai harapan keadaan pasti- EMV maksimal
PENERAPAN POHON KEPUTUSAN
Pohon Keputusan dapat digunakan untuk membuat keputusan produk baru & permasalahan manajemen lainnya.
Pohon Keputusan bermanfaat saat terdapat serangkaian keputusan & hasilnya beragam.
Prosedur Pohon Keputusan:
1. Pastikan bahwa semua alternatif yg mungkin, dimasukkan kedalam pohon, termasuk alternatif ”tidak melakukan apa-apa”.
2. Pengembalian hasil (pay off) merupakan tempat menghitung hasil.
3. Tujuan untuk menetapkan nilai yg diharapkan pada setiap tindakan yg ada.

0 Response to "DESAIN PRODUK"

Posting Komentar