Cute Red Flying Butterfly

STRATEGI PROSES

STRATEGI PROSES
Sebuah keputusan penting yg perlu dilakukan oleh manajer operasi “ menemukan cara produksi terbaik”
Strategi proses (transformasi) adalah pendekatan organisasi untuk mengubah sumberdaya menjadi produk
Tujuan strategi proses : menemukan suatu cara memproduksi produk yg memenuhi persyaratan pelanggan & spesifikasi produk yg berada dalam batasan biaya dan manajerial lain
EMPAT STRATEGI PROSES
FOKUS PADA PROSES
FOKUS BERULANG
FOKUS PADA PRODUK
MASS CUSTOMIZATION

FOKUS PADA PROSES (INTERMITTENT PROCESS)
• Fasilitas produksi diatur disekeliling proses untuk menghasilkan produksi yang bervolume rendah tetapi bervariasi tinggi pada “job shop”
Contoh: - restoran berupa bar, panggangan , dan pembuat roti.
- pabrik mungkin departemen yang menangani pengelasan, penghalusan, pengecatan.
FOKUS BERULANG (REPETITIVE PROCESS)
Berorientasi pada produk yg menggunakan modul (komponen produk yg telah disiapkan sebelumnya).
Contoh perusahaan makanan cepat saji- modul roti burger : daging, keju, mayonase, tomat, bawang.
Perusahaan memperoleh keunggulan yg ekonomis dari model yg kontinyu dan keunggulan umum model, yaitu volume rendah dengan banyak variasi.
FOKUS PRODUK (KONTINUE PROCESS)
Fasilitas diatur disekitar produk dan lintasan produk sangat panjang dan kontinyu.
Contoh : produk kaca, kertas, lembaran timah, bola lampu
Fasilitas yg terfokus pada produk menghasilkan produk dengan volume tinggi dan variasi rendah.
Fasilitas biasanya membutuhkan biaya tetap yg tinggi tetapi biaya variabel rendah.
FOKUS MASS CUSTOMIZATION
Pembuatan produk yg dapat memenuhi keinginan pelanggan yg unik, cepat dan murah.
Variasi produk bervolume rendah dan biaya manufaktur bervolume tinggi serta terstandardisasi.
Manajer operasi menggunakan sumberdaya yg imajinatif & agresif utk membentuk proses yg gesit, dengan memproduksi produk yg cepat & murah.
Contoh : Toyota mengumumkan penyerahan mobil yg dpesan khusus dalam waktu 5 hari

0 Response to "STRATEGI PROSES"

Posting Komentar