Cute Red Flying Butterfly

Peramalan

Peramalan/ forcasting
Seni dan ilmu untuk memprediksi kejadian di masa depan
Peramalan horizon waktu
Peramalan jangka pendek. Rentang waktu 1 tahun umumnya kurang 3 bulan, untuk merencanakan pembelian, penugasan kerja, jumlah tenaga keja, tingkat produksi
Peramalan jangka menengah: rentang waktu bulanan hingga 3 tahun, digunakan utk perencanaan penjualan, penganggaran produksi, penganggaran kas, menganalisis rencana operasi
Peramalan jangka panjang: rentang waktu 3 tahun atau lebih, digunakan dlm perencanaan produk baru, pengeluaran modal, lokasi fasilitas, ekspansi, penelitian dan pengembangan
Jenis peramalan
• Ramalan ekonomi: memprediksi tingkat inflasi, ketersediaan uang, indikator perencanaan lainnya
• Ramalan teknologi: berkaitan dg tingkat kemajuan teknologi yg dpt meluncurkan produk baru
• Ramalan permintaan: memproyeksikan permintaan untuk produk & jasa, yg mengendalikan produksi, kapasitas, sistem penjadwalan, keuangan, pemasaran dan sumberdaya manusia
Dampak ramalan produk berpengaruh pada 3 fungsi:
• Sumber daya manusia: memperkerjakan, memperhentikan pekerja bergantung pada permintaan .
• Kapasitas: bila kapasitas bermasalah maka muncul pengiriman tidak terjamin, kehilangan pelanggan, kehilangan pangsa pasar.
• Manajemen rantai-pasokan: hubungan pemasok dan keunggulan kerja terjamin untuk bahan baku dan suku cadang tergantung ramalan.
Pendekatan peramalan
Peramalan kuantitatif: menggunakan model matematis, dengan data historis atau variabel kausal
Peramalan kualitatif : menggabungkan faktor faktor seperti intuisi, pengalaman pribadi, sistem nilai, emosi, & pengambil keputusan.
Teknik peramalan kualitatif
Keputusan juri eksekutif: mengambil pendapat sekelompok manajer tingkat tinggi, sering dikombinasikan dengan model statistik.
Gabungan tenaga penjualan: setiap tenaga penjual mengestimasikan jumlah penjualan, dikaji ulang kerealistisan, dikombinasikan tingkat propinsi dan nasional
Metode delphi: ada 3 peserta yaitu, pengambil keputusan, personal staf yg membantu pengambil keputusan utk survei dan responden utk memberikan input.
Survei pasar: memperbesar masukan dari pelanggan atau calon pelanggan mengenai pembelian mereka di masa depan.
Metode kualitatif
Model seri waktu:
1. Pendekatan naif
2. Rata-rata bergerak (moving average)
3. Penghalusan eksponensial (exponential smoothing)
4. Proyeksi trend (trend proyection)
Model asosiatif:
1. regresi linier (linear regression
Delapan tahap sistem peramalan
1. Menentukan penggunaan peramalan-apa yg ingin dicapai \
2. memilih hal-hal yg akan diramal
3. Menentukan horizon waktunya-jangka pendek, menengah, panjang
4. Memilih model peramalanya
5. mengumpulkan data yg dibutuhkan untuk membuat peramalan
6. Menentukan model peramalan yg tepat
7. membuat ramalan
8. Menerapkan hasilnya
Peramalan seri waktu
- Pendekatan naif
Teknik peramalan yg mengasumsikan permintaan di periode mendatang sama dengan permintaan terkini

- Rata-rata bergerak
Metode peramalan yg menggunakan rata-rata dari sejumlah (n) data terkini untuk meramalkan periode mendatang
Rata-rata bergerak =
(σpermintaan data n periode sebelumnya)
n
rata-rata bergerak tertimbang =
(σtimbangan untuk periode n)(permintaan dlm periode n)
ς timbangan

- Rata-rata bergerak tertimbang
Teknik peramalan rata-rata bergerak dimana data diberi bobot oleh fungsi eksponensial
Ramalan baru=
Ramalan periode lalu + α(permintaan aktual periode lalu-ramalan periode lalu)
Rumus :
ft = ft-1 + α (at-1 –ft-1)
Ft = ramalan baru
Ft-1 = ramalan periode lalu
Α = timbangan/konstanta penghalusan
at-1 = permintaan aktual periode sebelumnya

- Penghalusan eksponensial
- Proyeksi trend
Peramalan yg menyesuaikan garis tren linier pada sekumpulan data masa lalu, kemudian diproyeksikan dalam garis yang meramalkan masa depan

0 Response to "Peramalan"

Posting Komentar