Cute Red Flying Butterfly

STRATEGI LOKASI

Strategi lokasi
Lokasi mempengaruhi :
1. Biaya (biaya tetap dan biaya variabel)
2. Resiko dan keuntungan secara keseluruhan (biaya transportasi bisa 25% dari harga jual)
3. Biaya lainnya (pajak, upah, sewa)
Tujuan strategi lokasi
Memaksimalkan keuntungan bagi perusahaan
Keputusan lokasi
Tergantung pada tipe bisnis
• industri – strategi meminimalkan biaya
• bisnis eceran & jasa profesional- fokus memaksimalkan
pendapatan
• gudang – kombinasi biaya dengan kecepatan pengiriman
Pilihan yang ada dlm lokasi
Tidak pindah, tetapi meluaskan fasilitas yang ada
Mempertahankan lokasi yang ada, dan menambah fasilitas di tempat lain
Menutup fasilitas, dan pindah ke lokasi lain

Produktivitas tenaga kerja
• Tingkat upah bukan merupakan satu-satunya pertimbangan yg dilakukan, manajemen juga harus mempertimbangkan produktivitas
• Kombinasi antara tingkat upah dan produktivitas adalah terbaik
• Contoh : jika perusahaan konveksi membayar $70 per hari dengan tk produktivitas sbr 60 unit per hari di korea, jumlah ini akan lebih murah dibandingkan dg pabrik di hongkong dengan upah $25 per hari dengan prouktivitas 20 unit per hari :
• Biaya per unit = biaya tenaga kerja per hari/produktivitas per hari
• Biaya per unit di korea = $70/60 unit = $ 1,17 per unit
• Biaya per unit di hongkong = $25/20 unit = $1,25 per unit
metode evaluasi lokasi
• Pemeringkat faktor
• Analisis titik impas
• Pusat gravitasi
• Transportasi

0 Response to "STRATEGI LOKASI"

Posting Komentar